Cara Kembali Menulis Setelah Writer Block dan Lama Tidak Menulis

Mentoring teori kepenulisan, Asistensi Sinopsis lengkap, Edit Naskah, dan Mentoring Menulis Privat 2024-2025

Untuk info langsung WHATSAPP 0812-12-707-424 atau klik DI SINI

Dapatkan Informasi Postingan Terbaru Follow Tips Menulis Novel Gratis on WordPress.com

Bingung cara nulis kembali setelah lama tidak menulis? 

Pengin nulis lagi setelah didera writer block dalam waktu yang lama?

Nggak tahu harus dari mana ketika ingin menulis setelah Hiatus gara-gara kesibukan lainnya?

Di postingan kali ini, Shirei mau membuat tips :

Cara Kembali Menulis Setelah Writer Block dan Lama Tidak Menulis

Perasaan tidak tahu harus mulai dari mana, sering kali kita hadapi sebagai penulis. Apalagi jika sudah lama tidak menulis.

Adapun penyebab kita menjadi kaku memulai setelah lama tidak menulis adalah :

  • Tidak pernah latihan

Semua skill jika tidak pernah dilatih, maka akan karatan. Biasa kita tahu kalimat efektif, nyusun SPOK saja bisa keder, kan? Akibatnya, kita bingung mau mulai darimana saat sudah lama tidak menulis.

  • Kurang Membaca

Diperburuk dengan minimnya minat membaca yang kita lakukan. Pas lagi males nulis, meski tidak selalu, tapi kebanyakan akan ikut males membaca. Kita memang bbisa belajar nyusun plot dan alur dengan menonton. Namun, menyusun diksi, tetap membutuhkan asupan gizi berupa bacaan. 

Dengan tidak membaca, maka semua diksi dan tata bahasa akan lenyap dari kepala

  • Strong Why yang ikutan hilang

Jika lama tidak melakukan sesuatu hal, maka Strong Why alias alasan kuat kita melakukan sesuatu akan ikut terlupakan. Misalnya saja, awalnya kita menggebu-gebu ingin menerbitkan buku di penerbit kenamaan. Namun, setelaah kelamaan tidak menulis, niat itu pun lenyap. Mau menamatkan yang sudah ada saja, rasanya enggan.

  • Minder
BACA JUGA :  Cara Mendapat Kritik, Saran, dan Komentar di Wattpad

Jikalau teman-teman sesama penulis masih lanjut menulis, sementara kita hiatus dalam waktu yang lama, bisaa-bisa mereka sudah menerbitkan di penerbit yang kita incar, sementara kita malah belum menulis apa pun. Akibatnya, ketika kita mau mulai kembali menulis, rasanya minder berat.

 

Nah, lalu gimana sih Cara Kembali Menulis Setelah Writer Block dan Lama Tidak Menulis ?

Mengatasi Writer Block

 

Berikut beberapa tips yang Shirei rangkum dari berbagai sumber serta dari pengalaman pribadi

Cara Kembali Menulis Setelah Writer Block dan Lama Tidak Menulis

1. Percaya kalau kita masih punya kemampuan itu

Seperti yang sudah Shirei katakan di atas, menulis itu melatih muscle memory juga. Apa pun yang sudah kita pelajari tidak akan mudah lenyap begitu saja. Hanya saja dia tenggelam jauh di dalam ingatan dan butuh waktu untuk menggalinya kembali. Namun, bukan berarti tidak mungkin. Semoga langkah-langkah yang Shirei tulis bisa membantu.

2. Kembalikan Strong Why yang hilang

Ketika mood menulis sudah mengilang, yang pertama harus dikembalikan adalah NIAT utama kita. Sebaiknya, Strong WHY alias niat kita saat melakukan sesuatu tidak diserahkan kepada orang lain.

BACA JUGA :  Tipe Cara Menulis Novel dan Cara Memilihnya

Misalnya, ‘Ingin ceritaku dibaca BANYAK ORANG.’ Ini artinya menimpakan tujuan ke tangan orang lain. Kalau tidak banyak yang baca, maka akan hancur semua semangat.

Strong WHY sebaiknya yang bisa kita kontrol sendiri. Misal, ‘Ingin menulis cerita yang bernilai pahala.’ atau ‘Ingin menamatkan dua cerita dalam satu tahun’, dll.

Jadi, kegagalan or keberhasilan, semua tergantung pada usaha diri dan takdir Allah SWT. Bukan manusia lain.

3. Membaca yang banyak

Isi bensin dengan membaca yang buanyaak. Tidak harus novel. Kalau mager, bisa mulai dari kumcer, atau artikel-artikel pendek. Setelah terbiasa, bisa baca novellet atau novela. usahakan baca yang sudah mengalami proses editing. Biar lebih terasah.

4. Membuat jadwal menulis

Tidak perlu lama-lama. Cukup sepuluh menit saja. Tanpa media sosial, tanpa aplikasi chatting. Fokus. sepuluh menit sehari.

Kalau di komputer bingung, coba menulis dengan kertas. Coret-coret saja. Entah hanya sekadar premis, atau potongan adegan acak. Yang penting menulis.

5. Membuat jurnal ide / premis

Hal cukup mudah untuk mulai menulis adalah dengan menuliskan ide saja. Tanpa memedulikan diksi ataupun efektifitas kalimat. Mulailah dari merancang ide-ide. Tidak perlu yang megah. Kisah-kisah klise sederhana pun nggak apa, kok.

6. Riset

Kalau masih stuck juga, tidak perlu memaksa menulis, RISET aja! Cari hal-hal menarik yang ingin kita tulis, lalu catat hasilnya. Siapa tahu menaikkan semangat buat menuliskan hasil risetnya, kan?

BACA JUGA :  Tutorial Membuat Prolog dan Epilog Novel

7. Jangan terburu-buru

Jangan kepengin langsung lepas dari semua rasa mandeg yang mendera. Yang penting konsisten diperjuangkan.

8. Mencari Kesalahan dari karya lama

Masih belum bisa juga? Coba baca karya lama dan catat semua kelemahan yang pernah dilakukan. Siapa tahu bisa dapat insight baru dan bersemangat buat berkarya or malah revisi.

9. Keseimbangan berkarya dan istirahat

Jangan lupakan beristirahat. Kadang yang bikin mentog, bukan karena hilang strong why, tapi karena terlalu lelah hingga burnt out.

10. Abaikan orang lain

Hal lain yang bikin kita minder adalah terlalu sering menoleh dengan pencapaian orang lain. Makanya, pasang kacamata kuda dan teruslah melangkah.

***

Tidak semua penulis akan terkenal, tapi klita tidak tahu takdir apa yang menanti kita di depan sana. Jadi, pelan-pelan, teruslah berusaha!

Semoga tips Cara Kembali Menulis Setelah Writer Block dan Lama Tidak Menulis bisa membantu

Langkah mana yang bisa teman-teman gunakan?

Leave a Comment

error: Maaf, tidak diperkenankan klik kanan. Tautan akan terbuka langsung ke halaman baru.