Cara Dapat Uang di KBMapp

Mentoring teori kepenulisan, Asistensi Sinopsis lengkap, dan Mentoring Menulis Privat 2021

Untuk info langsung WHATSAPP 0812-12-707-424 atau klik DI SINI


Cara Dapat Uang di KBMapp
Dapatkan Informasi Postingan TerbaruFollow Tips Menulis Novel Gratis on WordPress.com

Shirei punya mixed feeling sama Wattpad. Di ulang tahun Shirei keenam di Wattpad [19 Feb 2021], Shirei justru selingkuh. Shirei udah nggak menemukan kebahagiaan di sana sebagai user. Shirei hanya menikmati interaksi dengan pembaca di kolom-kolom komentar. Hanya itu yang membuat Shirei bertahan di Wattpad. Fasilitas, aturan-aturan baru di Wattpad membuat Shirei mulai kehilangaan minat di sana. Tentu Shirei nggak akan meninggalkan Wattpad. Bagaimanapun juga, enam tahun bukan waktu singkat untuk bersama, kan? Apalagi mau tidak mau, Shirei harus mengakui kalau dari Wattpad, Shirei dapat banyak hal meski sekarang semua berubah.

So, kali ini, Shirei mau bahas platform hijau alias KBM.

Cara Dapat Uang di KBMapp.

Shirei sudah jadi member sejak namanya masih KETIX dan berubah menjadi KBM. Hanya saja nggak aktif, karena Shirei berpikir belum layak untuk memonetisasi cerita sendiri meski yang viral di FB grup yakni Rahim untuk Suamiku. Hingga mentor Shirei, bilang coba aja dimonet. MasyaAllah, meski sudah tamat, ternyata menghasilkan beberapa ratus ribu. Terhitung receh memang dibanding pendapatan mayoritas penulis-penulis di KBM. Namun, bukankah itu langkah awal?

KBMapp Rahim untuk Suamiku Shireiahou

Hanya saja, nama “Shireishou” sungguh tidak cocok dengan atmosfer “KBMapp” yang didominasi cerita untuk ibu rumah tangga. Kesannya “wibu” banget. Wahhahaha Akhirnya pada akhir Januari 2021, Shirei membuat ID baru di sana. Sebut saja X. Tanpa follower. Tanpa ada yang tahu kalau itu Shireishou.

Lalu, 1 Februari, cerita pertama X bisa dikunci di Bab 8. Lalu inilah pendapatan yang tercatat di APP tanggal 10 Februari 2021 [Berarti pendapatan sampai 9 Februari 2021]. MasyaAllah Tabarakallahu.

Pendapatan di KBMapp untuk Pemula

Cara Dapat Uang di KBMapp

Karena itu, Shirei akan berbagi sedikit tips bagaimana mendapat uang dari KBMapp meski jumlahnya tidak bisa sebesar penulis lain, karena Shirei masih cukup kaku berpegang pada prinsip untuk tidak menulis tentang perselingkuhan dan perzinahan meski itulah tema paling populer di sana. Mau nantinya tobat, mau nantinya akan ada pelajaran, tetap saja Shirei nggak bisa jamin orang akan membaca sampai akhir karena dikunci dan harus membayar. Takut akan ada yang mengambil hal yang salah. Jadi, Shirei play save saja.

BACA JUGA :  Tipe-Tipe Cara Menulis Novel

Iya … Shirei sepengecut itu. Eheheheh

“Demi pena dan apa yang mereka tulis.”  (Qs. al-Qalam [68]:1)

Cara Dapat Uang di KBMapp

 

So, ini sedikit tips Cara Dapat Uang di KBMapp :

  1. Niatkan untuk mendapat berkah dan ridha Allah

Banyak hal yang membuat seorang penulis oleng terutama saat berhadapan dengan uang. Maka hitam dan putih akan melebur jadi abu-abu. Shirei berusaha menjaga diri agar tidak oleng dengan cuan adalah dengan meniatkan semua tulisan yang akan Shirei hasilkan di sana untuk merain berkah dan ridha Allah.

Jadi, sebelum menulis, Shirei akan berusaha memastikan bahwa karya tersebut memang tidak melanggar kaidah agama. Dzolim pun tidak akan sampai melakukan dosa besar. Ngeri. But it just me.

      2. Saat hendak membuat cerita, pastikan temanya rumah tangga

Pembaca di sini mayoritas ibu-ibu rumah tangga yang menyukai masalah rumah tangga. Mungkin ada beberapa pecinta horor, tapi tentu tidak sebanyak kolam cerita rumah tangga. Kalau mau mencoba peruntungan baru, cobalah dengan membuat cerita yang paling banyak dicari terlebih dahulu.

BACA JUGA :  Cara Menulis Kata Ganti Kepemilikan Ku- kau- -ku -mu -nya

3. Jangan ada basa-basi

Konflik langsung jejalkan di depan. Lupakan aturan tiga bab pertama di novel cetak. Novel daring itu harus tegang sepanjang bab. Hajar semua masalah terus bikin penasaran di akhir bab.

  4. Minimal 1000 kata per bab

Setelah itu, pastikan satu bab minimal seribu kata. Shirei saranin 1500/bab biar pembaca yang sudah membeli koin puaas dan tidak kecewa. Rp.1500/bab lumayan juga, kan? Pembaca senang, InsyaAllah kita juga kecipratan berkahnya.

      5. Promokan di grup-grup KBM

Shirei bukan tipe yang suka ngegantung cerita, sih. Jadi misal kalau di KBMapp, itu terbit tiap hari, maka di FB cukup 3x seminggu. Jadinya, pembaca yang penasaran bisa langsung cus ke KBM. Namun, kalau mereka nggak ada dana, boleh sabar menunggu di FB. Saat tema yang kita ambil tidak populer lagi, kita juga santai menamatkan di FB karena kita sudah mulai menggarap cerita baru penghasil uang.

  6. Buat FB khusus literasi di mana kita bisa add dan remove orang dengan bebas

Add semua yang komen di karya kita. Kalau add request sudah penuh, bisa hapus-hapusin yang nggak aktif. Kenapa dipisah? Biar nggak puyeng karena friendlist-nya bakalan beda banget. Nuansa timeline di FB X dengan FB Shirei jauuuuuh bedanya. Ahahaha

BACA JUGA :  Tipe Cara Menulis Novel dan Cara Memilihnya

Nanti buat album khusus tentang cerita kita. Jadi orang-orang dari grup bisa dengan mudah komen di tempat kita.

    7. Shirei nggak pakai sistem vote for vote or follow for follow

Bagi Shirei, sistem Vote for vote dan F2F hanya akan sia-sia. Mereka bukan pembaca aktif dan tidak akan membeli koin kita. Fokus sama untuk gain PEMBACA loyal. Shirei awalnya coba pakai rate for rate. Nyatanya jarang yang nge-rate balik. Jadi, Shirei rasa nggak efektif cara ini.

      8. Update TIAP HARI

Di KBMapp, update tiap hari adalah kunci. Kalau misal bisa 2-3x sehari sih silakan saja. Namun, Shirei merasa antara tenaga dengan uang yang Shirei hasilkan belum sebesar itu. Mungkin juga karena Shirei masih mikirin plot biar nggak terlalu sinet, masih bisa memberi pelajaran moral, dan tidak melanggar norma agama. Makanya idenya suka macet kalau lebih dari satu kali sehari. Ahahahah

      9. Berdoa

Mumpung musim hujan, banyak-banyakin doa aja, yuk! Karena IMHO, Shirei bisa dapat 400k dalam 9 hari itu nggak jauh berkat Rahmat Allah SWT. Sesuatu yang bahkan tidak pernah Shirei capai di Platform lain. MasyaAllah Tabarakallahu.

Oke…. sekian tips Shirei untuk Cara Dapat Uang di KBMapp. Kalau ada pertanayaan, silakan, yaa!

4 thoughts on “Cara Dapat Uang di KBMapp”

  1. Kakak baru monet di kbm setelah berapa lama nulis? Itu karya pertama dikbm yg di monet? Atau perlu buat banyak karya dulu?

    Reply
  2. Kak, Aku udah monet dan Ada pembaca. Kenapa belum Ada catatan Di earning money? Syaratnya apa ya?

    Reply

Leave a Comment

error: Maaf, tidak diperkenankan klik kanan. Tautan akan terbuka langsung ke halaman baru.