Tips Menamatkan Cerita

Mentoring teori kepenulisan, Asistensi Sinopsis lengkap, dan Mentoring Menulis Privat 2022-2033

Untuk info langsung WHATSAPP 0812-12-707-424 atau klik DI SINI


Tips Menamatkan Cerita
Dapatkan Informasi Postingan TerbaruFollow Tips Menulis Novel Gratis on WordPress.com

Tips Menamatkan Cerita

Alhamdulillah setelah lima bulan berjalan, Voice in Dream berhasil tamat dengan cukup baik wattpad. Mengantongi nyaris 80k View dan rekor tertingginya menduduki ranking 4 di jajaran cerita Chicklit. OTSUKAREEEEE!!!

Lalu saat ngobrol-ngobrol di OA Line AAW, Shirei banyak dapat pertanyaan, “Bagaimana sih cara menamatkan sebuah cerita?” Sempet kaget dengan pertanyaan yang Shirei rasa di luar dugaan itu. eh, ternyata banyak quote yang mengatakan betapa sulitnya menamatkan cerita.

Tips

Karenanya, Shirei coba dhe bikin artikel sederhana tentang tips untuk menamatkan cerita. Kalau dibilang Shirei ahli dalam menamatkan cerita, enggak juga sih, tapi Shirei selalu inget quote satu ini.

Juga kalimat senpai yang berkata, “Tidak penting berapa banyak awal cerita yang kamu tulis, yang paling penting berapa banyak yang berhasil kamu tamatkan.” JLEB.

Oke, jadi ini tips menamatkan cerita ala Shirei

1. NIAT

Yup … semua berawal dari niat hati. Kalau saya memulai ini, ini harus tamat. Kalau udah ga ada niat kuat dari hati, kegoda ide cerita baru yang lebih terlihat wah [padahal belum tentu juga lebih wah], kita akan belok ke arah cerita baru tersebut. Haish … makanya bakalan ga kelar. Ntar bakalan keulang tuh. Di tengah nulis cerita kedua, muncul ide cerita ketiga. Maka roda setan itu akan berputar terus-menerus.

BACA JUGA :  Cara Menulis Kata Ganti Kepemilikan Ku- kau- -ku -mu -nya

Niat juga bisa menghilangkan kemalasan saat bosan sama cerita kita. Pokoknya kuatkan hati “SAYA MAU TAMATIN CERITA INI!”

2. PERSIAPKAN CERITA DENGAN MATANG

Istilahnya kalau mau berlari maraton, kan kita kudu persiapan di awal. Siapin fisik, siapin mental, siapin peralatan seperti sepatu, baju, dll. Nulis novel juga begitu. Tanpa persiapan matang, kita bisa nyerah di tengah jalan.

Shirei ada tips mempersiapkan cerita. Sila baca di Wattpad Tips no Rant ya.

 3. PIKIRKAN ENDING

Sebelum mulai mengunggah cerita, pikirkan endingnya. Jangan sampai kita belum menentukan ending, tapi sudah mulai menulis. Ini berlaku buat teman2 yang suka gagal menamatkan cerita ya. Soalnya ada beberapa author yang justru nyaman dengan menulis tanpa ketahuan endingnya gimana. Tapi umumnya ya berhasil TAMAT.

 4. NAIKKAN MOTIVASI

Sebelum memulai cerita, niatkan menulis dengan suatu tujuan. Taruh motivasi kuat di sana. Jadi nanti kalau stuck, inget-inget lagi motivasinya untuk menulis apaan.

 5. INGAT BAHWA TAMAT ITU PENTING

BACA JUGA :  Cara Menghadapi Semangat yang Kendor karena Selalu Gagal

6. FOKUS

Jangan unggah cerita baru sebelum yang lama tamat. Berlaku untuk yang susah namatin cerita. Soalnya nanti kedistraksi dan malah bisa jadi, ga tamat dua-duanya. Keep FOKUS! kalaupun ada ide, tulis aja draftnya. jangan tergoda untuk mengunggah prolog yang terlihat keren, padahal cerita dibawa kemana juga belum tahu.

Segitu aja tips menamatkan cerita.

Kalau ada pertanyaan, silakan ya. Maaf belum sempat nulis Photoshop lagi. Masih hectic sama kerjaan. Hix

2 thoughts on “Tips Menamatkan Cerita”

    • Pas banget ini. Aku lg mau bahas di IG ku [@Shireishou] 8 hari ke depan. pantengin di sana, ya!

      Reply

Leave a Comment

error: Maaf, tidak diperkenankan klik kanan. Tautan akan terbuka langsung ke halaman baru.