Ketakutan Saat Memulai Cerita

Mentoring teori kepenulisan, Asistensi Sinopsis lengkap, dan Mentoring Menulis Privat 2020

Untuk info langsung WHATSAPP 0812-12-707-424 atau klik DI SINI


Ketakutan Saat Memulai Cerita
Dapatkan Informasi Postingan TerbaruFollow Tips Menulis Novel Gratis on WordPress.com

Apa Teman-Teman Juga Ketakutan Saat Memulai Cerita?

Ada banyak hal yang terpikirkan saat kita hendak menulis cerita. Hal paling sering ditakutkan oleh penulis biasanya apakah karya kita akan sukses di pasaran. Apakah akan ada plot hole? Apakah ada yang salah? Apakah kalau diunggah di wattpad akan ada yang membaca?

Shirei pun merasakan hal yang sama.

Seiring waktu, Shirei mulai berusaha meyakinkan diri sendiri kalau tidak akan ada karya SEMPURNA, yang ada hanyalah karya yang SELESAI.

Kenapa harus takut menulis jika tidak ada karya yang sempurna di dunia? Cukup berusaha menciptakan karya sebaik mungkin, bukankah itu sudah lebih dari cukup? ketakutan yang tidak perlui justru bisa menimbulkan banyak gangguan.

Keinginan diri kita untuk sempurna justru menjadi penyebab utama penyakit mentok, writer block, dll. karena semua terlihat salah di mata kita. Seolah ada rantai besar membebani kaki, membuat kita tidak nggak melangkah maju. Terlalu khawatir akan melakukan sesuatu yang salah dan berujung tidak melakukan apa pun.

BACA JUGA :  Tips Menulis Cerita Kolaborasi Agar Bisa Menyelesaikan satu Novel bersama-sama

Pertanyaan dasarnya, apa kita bisa mengatasi ketakutan ini? 

Rasa cemas sebelum menghasilkan sesuatu adalah sesuai yang wajar. Bahkan dalam kelas mentoring yang Shirei bimbing, banyak yang curhat kalau akhirnya setiap karya yang sudah dipublish di Watttpad, mereka tarik lagi karena khawatir dan merasa itu karya yang hancur lebur. Sayang kan?

Hargai apa pun yang sudah kita buat. Meski takut, meski cemas, itu adalah buah karya kita sendiri. Sesuatu yang kita perjuangkan sekian bulan memikirkan ide ceritanya sampai akhirnya menjadi sebuah cerita yang utuh. Lalu kenapa harus khawatir soal jelek dan bagus?

Langkah pertama memang yang paling berat. Namun, ketika sudah memulai, kita akan jadi lebih mudah untuk melakukan langkah berikutnya. Tak perlu pusingkan pendapat orang lain, fokus saja pada karya yang kita kerjakan. Terus yakinkan bahwa kita bisa menyelesaikan karya ini dengan baik.

Jadi, apa teman-teman masih punya Ketakutan Saat Memulai Cerita ?

Yuk, lanjut menulis dan hilangkan semua kekhawatiran!

Leave a Comment

error: Maaf, tidak diperkenankan klik kanan. Tautan akan terbuka langsung ke halaman baru.