Cara Menulis Novel Bagi Pemula

Mentoring teori kepenulisan, Asistensi Sinopsis lengkap, Edit Naskah, dan Mentoring Menulis Privat 2024-2025

Untuk info langsung WHATSAPP 0812-12-707-424 atau klik DI SINI

Dapatkan Informasi Postingan Terbaru Follow Tips Menulis Novel Gratis on WordPress.com

Agak kaget melihat banyaknya query masuk ke web untuk mencari Cara Menulis Novel Bagi Pemula yang baik. Kalau dipikir-pikir, tutorial Shirei memang lumayan banyak, ya. Namun, bertaburan dan mungkin yang mau baca juga bingung mau mulai dari mana.

Jadinya, kali ini, Shirei mau mencoba merangkum semua dalam satu postingan. Tentu saja, besar harapan Shirei kalau teman-teman membaca postingan lain agar lebih bisa dipahami.

Maka, kali ini Cara Menulis Novel Bagi Pemula akan dipenuhi dengan tautan ke halaman lain yang sesuai.

Sebelumnya, jangan panik! Percayalah kalau MULAI menulis novel itu tidaklah sulit. Yang bagis Shirei paling sulit justru adalah konsisten untuk terus menulis hingga tamat.

Jangan khawatir juga kalau cerita kita tidaklah keren atau banyak salah. Namanya juga ketikan pertama. Nanti akan ada revisi, dll.

Cara Menulis Novel

Cara Menulis Novel Bagi Pemula

1. Cari Ide dan rumuskan Premis

Untuk Premis, teman-teman bisa baca di CARA MEMBUAT PREMIS NOVEL

Konsep utama dari membuat novel adalah, premis harus solid. Harus sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis. Apakah masalah yang diangkat cukup menarik, cukup kuat, dan mampu membuat protagonis bergerak.

BACA JUGA :  Tips Menyusun Plot, Alur, dan Kerangka

2. Cari Konflik yang Sangat kuat

Mencari konflik yang sangat kuat ini susah-susah gampang. Setelah tahu keinginan protagonis, lalu konflik utamanya di premis, kita harus membuat konflik-konflik yang mendukung konflik utama.

Cara membuatnya bisa dicek di TIPS MENYUSUN ALUR, PLOT, dan KERANGKA

3. Silakan riset

Apa itu riset? Riset adalah proses mencari data untuk dituliskan dalam novel. Entah itu tentang pekerjaan, data-data khusus, ataupun seting novel. Semua bisa dikumpulkan sebelum digunakan dalam novel.

Adapun tipsnya bisa dibaca di TIPS RISET MENULIS NOVEL

4. Mulai membuat prolog

Prolog adalah awalan kisah. Apa prolog harus dibuat? Tentu tidak. Hanya saja, jika bab satunya kurang nendang atau menyentak, tentu saja dipersilakan membuat prolog yang nendang agar cerita lebih gereget dan menggaet pembaca.

Untuk cara membuatnya, bisa diintip ke CARA MEMBUAT PROLOG DAN EPILOG NOVEL

5. Mulai menulis. 

Jangan terlalu khawatir kalau tulisan kita jelek, tidak bagus, dll. Fokus pada RASA. Tulis sebisanya, semampunya, secepatnya. Tidak perlu memikirkan diksi. Pokoknya kebut sampai ending.

BACA JUGA :  Menulis itu Menunjukkan, Bukan Mengatakan

Kalau macet? Mungkin cara menulis kamu yang berbeda. Ada beberapa cara menulis. Silakan kamu pilih mau jadi yang mana dan disesuaikan saja.

TIPE CARA MENULIS NOVEL DAN CARA MEMILIHNYA

TIPS MENULIS NOVEL TANPA MACET

6. Jangan lupa tulis ending yang berkesan

Akhir cerita yang baik akan membuat pembaca merasa puas setelah membaca novel kita. Pastikan semua masalah sudah selesai dan ditutup dengan baik. Open ending tidak masalah, tapi harus ada konklusi.

Lalu untuk tipsnya bisa ke CARA MEMBUAT AKHIR NOVEL YANG BAIK

7. Lakukan Revisi 

Berikut tips melakukan revisi agar naskah kita terpoles dan menjadi jauh lebih baik.

TIPS MEREVISI NOVEL

8. Persiapkan untuk dikirim ke Penerbit /platform incaran

Jangan lupa siapkan premis dan sinopsis lengkap. Hal ini sangat krusial kalau kamu pengin mengirim naskah ke penerbit. Soalnya, dari sini lah penerbit membaca intisari dari cerita kamu dan akan menentukan cerita kamu akan diterima atau tidak.

PENTINGNYA SINOPSIS LENGKAP YANG BAIK

BACA JUGA :  Tipe Cara Menulis Novel dan Cara Memilihnya

——

Nah, ribet juga nyariin link semua postingan Shirei yang lawas-lawas. Sebenarnya isi blog ini juga nggak banyak. Kalau ada waktu, bisa dibaca semua dan semoga bisa memberi manfaat, ya.

Kalau masih kurang paham, bisa ikut les, ya! Klik link di atas artikel atau bisa langsung KLIK INI BUAT INFO LEBIH LANJUT. 

Sekian dulu Cara Menulis Novel Bagi Pemula kali ini. Kalau ada request artikel, drop komen aja, ya. Nanti kalau bisa, Shirei usahakan buatkan

Sampai jumpaaaaa

Leave a Comment

error: Maaf, tidak diperkenankan klik kanan. Tautan akan terbuka langsung ke halaman baru.