Cara Punya Banyak Pembaca di Wattpad

Mentoring teori kepenulisan, Asistensi Sinopsis lengkap, dan Mentoring Menulis Privat 2020

Untuk info langsung WHATSAPP 0812-12-707-424 atau klik DI SINI


Cara Punya Banyak Pembaca di Wattpad
Dapatkan Informasi Postingan TerbaruFollow Tips Menulis Novel Gratis on WordPress.com

Pertanyaan paling sering Shirei dapat adalah  Cara Punya Banyak Pembaca di Wattpad? 

Buat apa banyak pembaca? Rata-rata orang beranggapan jika penulis dengan karya yang jumlah view jutaan akan lebih dilirik oleh penerbit yang mencari naskah di Wattpad. Banyak penulis akhirnya fokus mencari supaya cerita mereka memiliki view setidaknya SATU JUTA kali dibaca.

Namun, apakah sesungguhnya jumlah view itu benar-benar penting?

Apakah jumlah view yang jutaan itu merupakan indikator akan bagusnya sebuah karya?

Ah, ini akan melebar kalau dibahas soal itu. Kali ini Shirei akan fokus untuk menjawab pertanyaan di atas. Nah, nggak perlu berbasa-basi lagi, yuk kita bahas.

Cara Punya Banyak Pembaca di Wattpad

Blogpinterest
Cara Punya Banyak Pembaca di Wattpad

Tipsnya cuma ada lima, kok. Kalau mau cara menambah follower kita bahas lain waktu kalau memang banyak yang request. Ehhehehe Jadi komen aja ya kalau memang butuh.

1. Pastikan Cover Menarik
Orang boleh bilang, “Yang penting kan cerita!”. Namun, percayalah, di belantara Wattpad, hal yang menonjol pertama sebelum blurb, adalah COVER. Buat sebaik mungkin covermu dan usahakan sesuai isi. Nggak bisa bikin cover? Nanti deh Shirei buatkan tutorial. Paling gampang sih pake Canva.com aja. Ada app-nya juga. Atau banyak cover maker di Wattpad. Tinggal pilih yang sesuai style-nya.

BACA JUGA :  Blog Walking Group Indonesia

2. Pastikan Judul nggak Pasaran
Coba cari judul yang unik. Jadi saat orang mencari, nggak ketemu cerita yang lain-lain dan cerita kita malah hilang. Setidaknya, buat sub judul yang berbeda dan menarik jika tak punya ide membuat judul yang unik. Soalnya Shirei juga gitu. Judul pasaran, tapi pakai sub judul yang unik.

3. Pastikan Update Tiap Hari
Mau hasil cepat? Update setiap hari. Sudah dibuktikan ceritaku yang pas Maraton Writing Month Juli kemarin, 16 hari update terus, view tembus 3k. Kumpulan cerita acakku, baru jalan 9 hari tiap hari update di bulan agustus, sudah tembus 1k.

Cara Punya Banyak Pembaca di Wattpad yang cepet gimana?

Ingat, no pain, no gain. Setidaknya update-lah seminggu sekali. jangan sampai seminggu update tiap hari, lalu tiga bulan nggak ada kabar. Nanti kayak 12 Tender Killer-ku, view-nya juga segitu-segitu aja karena update nggak jelas kapan.

Makanya sering Shirei banget ditanya :

4. Pastikan kita juga komen ke tempat orang
Mau dikenal? Mulailah berinteraksi dengan orang. Baca cerita mereka yang satu tipe dengan cerita kita dan jumlah follower yang tidak terlalu banyak. Komen dengan tulus tentang cerita mereka. kadang, dari sepuluh yang kita baca, cuma satu yang balik komen ke tempat kita. Nggak apa-apa. Coba lagi. Karena teman untuk komen lebih awet daripada cuma follower saja.

BACA JUGA :  Cara Menulis Dialog Tag pada Novel

Kok cari yang followernya tidak banyak? Karena kalau terlalu populer, umumnya terlalu sibuk jadi nggak akan sempat membaca balik. Jadi cari saja yang tidak terlalu banyak.

Kuncinya TULUS. Penulisnya bisa lho tahu mana komen tulus, mana yang cuma ‘kejar setoran iklan’.

5. Promosi secukupnya
Share ke sosmed kita, posting pemberitahuan ke follower, dan baca karya orang. Cukup. Fokuslah menulis setiap hari daripada promosi tiap hari. 

Apakah “Cara Punya Banyak Pembaca di Wattpad” ini cukup membantu?

Semoga berguna, ya!

Yuk terus menulis dan jangan menyerah!

12 thoughts on “Cara Punya Banyak Pembaca di Wattpad”

Leave a Comment

error: Maaf, tidak diperkenankan klik kanan. Tautan akan terbuka langsung ke halaman baru.