Cara Mendapat Kritik, Saran, dan Komentar di Wattpad

Facebook Page untuk Tips Menulis Novel Harian

Cara Mendapat Kritik, Saran, dan Komentar di Wattpad
Dapatkan Informasi Postingan TerbaruFollow Tips Menulis Novel Gratis on WordPress.com

Pernah merasa kok kita udah promosi jungkir balik, tapi yang komen masih aja tipis alias nyaris nggak ada? Padahal, kalau di Wattpad atau bahkan platform menulis lainnya, kritik, saran dan komentar adalah hal yang krusial alias sangat penting untuk diperoleh. Soalnya, tanpa itu semua, bagaimana kita bisa tahu kalau tulisan kita ada kekurangan dan harus diperbaiki. Umumnya, orang akan lebih mudah untuk melihat kesalahan orang lain daripada kesalahan diri sendiri.

Cara Mendapat Kritik, Saran, dan Komentar di Wattpad

Hal paling sering ditanyakan adalah Cara Mendapat Kritik, Saran, dan Komentar di Wattpad. Kita berlomba ingin mendapatkan masukan agar cerita kita terasa lebih baik. Promosi jumpalitan, meminta review, atau bahkan beberpaa penulis kadang memaksa.

Masalahnya, pernah nggak pertanyaannya dibalik. Sudahkah kita mereview orang lain? Sudahkah kita meluangkan waktu beberapa jam untuk membaca dan memberikan masukan seperti yang kita suka kepada orang lain?

Lebih Bagus Mana (3)
Cara Mendapat Kritik, Saran, dan Komentar di Wattpad

Banyak yang berpikir kalau mendapatkan masukan, adalah dengan memperbanyak promosi. Menurut Shirei itu nggak efektif sama sekali. Saat kita menonton televisi atau youtube, tiap ada iklan, umumnya pasti merasa bete dan nggak betah bukan? Begitu pula dengan ngiklan di sembarang tempat.

“Yah, namanya juga usaha.”聽

Banyak yang beranggapan seperti itu. Ya, enggak salah juga, sih. Usaha boleh dan sah-sah saja. Akan tetapi, kalau hasil yang didapat nggak sesuai harapan, ya sayang, dong?

BACA JUGA :  Tips Komunikasi yang Efektif

Jadi, Cara Mendapat Kritik, Saran, dan Komentar di Wattpad buat Shirei yang paling efektif adalah dengan mulai memberi.

Pernahkah kita membaca karya orang dengan sungguh-sungguh?
Pernahkah kita komentar ke karya orang lebih dulu?
Pernahkan kita menyapa author lain lebih dulu?

Lebih sering mana promosi karya apa update karya?
Lebih sering mana minta karya kita dibaca, atau membaca karya orang?

Yuk … introspeksi diri.

Perbanyak memberi, maka kita akan menerima lebih banyak.

Trus kalau ternyata udah capek-capek komen nggak dibalas gimana?

Saran Shirei, baca 3 bab awal saja. Kalau dia ada tanggapan dengan berkomen balik, bisa dilanjutkan ke bab berikutnya. Sukur-sukur malah saling follow. Kalau nggak dapat balasan, waktu yang dipakai juga nggak begitu banyak kebuang, bukan?

Lagian, belajar memberi kritik dan saran, itu sekaligus membuat kita mengasah kepekaan diri, kapan sih, kita melakukan kesalahan. Belajar dari kesalahan orang lain juga merupakan proses yang bagus, lho!

Shirei sendiri sudah jarang bisa membaca karya orang karena kesibukan. Seenggaknya, Shirei masih berusaha bisa tetap berbagi dengan cara Shirei sendiri. Seperti blog Tips Menulis Novel Gratis ini.

Sudahkah kita ‘memberi’ hari ini?

Semoga Cara Mendapat Kritik, Saran, dan Komentar di Wattpad membantu, ya!

2 thoughts on “Cara Mendapat Kritik, Saran, dan Komentar di Wattpad”

Leave a Comment

error: Maaf, tidak diperkenankan klik kanan. Tautan akan terbuka langsung ke halaman baru.