Cara Mengatasi Writer’s Block

Mentoring teori kepenulisan, Asistensi Sinopsis lengkap, dan Mentoring Menulis Privat 2020

Untuk info langsung WHATSAPP 0812-12-707-424 atau klik DI SINI


Cara Mengatasi Writer's Block
Dapatkan Informasi Postingan TerbaruFollow Tips Menulis Novel Gratis on WordPress.com

Ada buanyak pertanyaan yang masuk ke Shirei baik via WA, IG, maupun Wattpad. kalau mau ditulis dalam sebuah daftaar panjang, kurang lebih, kayak begini pertanyaan yang Shirei dapat:

“Kak, cara ngembaliin mood nulis gimana ya?”
“Cara menulis panjang gimana, ya?”
“Kak, ceritaku mandek di tengah jalan. Gimana, ya?”
“Kak, aku nggak dapat feel ceritaku lagi nih. Gimana, ya?”
“Kak, aku males banget nulis nih. Gimana ya?”

Sebelum melanjutkan, Shirei mengingatkan bahwa tutorial ini tidak dijamin akan berhasil pada semua orang. Namun, temen-temen bisa memodifikasinya sesukanya hingga sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Sama halnya seperti sakit, umumnya kita harus menemukan dulu penyebabnya baru bisa menemukan obat untuk menyembuhkannya.

Cara mengatasi Writer’s Block

Bagi Shirei, beberapa penyebab stuck atau writers block adalah:

—————————————————

CIRI-CIRI :

– Malas menulis.
– Merasa menulis pekerjaan yang berat dan membosankan.

PENYEBAB :

– Bosan
Sama seperti hal lain, adalah wajar jika kita bosan kalau terus menulis.

PENYEMBUHAN :

– Istirahat
Shirei pribadi punya bejibunan hobi. Itu yang membuat Shirei menjadi Jack of All Trades Master of NONE. Enggak ada yang superb dalam setiap hobi.

Namun, kelebihan memiliki banyak hobi adalah, kita hampir enggak pernah nganggur.
Saat bosen nulis, ya gambar, saat bosen gambar dan nulis ya fandub, saat bosen ketiganya ya cosplay, saat bosen empat-empatnya ya nyanyi, saat bosen kelimanya ya baca buku, etc. Kalau bosen semua ya bubu. Dengan Cara mengatasi Writer’s Block ini, biasanya nggak sampe tiga hari juga balik normal.

Terus gimana buat yang nggak punya banyak hobi?

Tidur? Makan camilan enak? main game? Baca buku? Terserah aja yang penting jangan nulis.

Keliling wattpad. Cari tulisan-tulisan yang genrenya di luar genremu. Misal aku thriller or angst tetiba ngider nyari romen menye-menye. Serius, itu bisa membuat “Oh my God, aku kangen nulis darah-darah lagi.”

BACA JUGA :  Pengertian POV 2 dan Contoh Sudut Pandang Kedua

Kasih waktu maksimal satu minggu. Kalau enggak beres juga, artinya penyebabnya bukan bosan. Tapi mungkin ada penyebab yang lain.

—————————————————

CIRI-CIRI :

– Enggak tau mau menulis apa meski ingin menulis
– Enggak tau mau dilanjutin seperti apa jika cerita bersambung

PENYEBAB :

Kehabisan Ide
Kehabisan ide biasa disebabkan oleh banyak hal. Salah satu yang paling sering terjadi dalam kisah multi chapter adalah kurang matangnya persiapan. Ini seenggaknya berlaku ya buat Shirei.

PENYEMBUHAN :

– Untuk fanfic biasanya Shirei nyari fandom baru atau re-watch fandom yang mau dibuat fanficnya. Tukar pikiran sama sesama fans, biasanya sih langsung dapat ide lagi.

– Untuk orific multi chapter, Shirei nggak punya ide lain selain, biasakan nulis kerangka. Orang yang terlalu sering mentok kalau nulis kisah multi chapter (enggak kepikiran mau nulis apa selanjutnya), kemungkinan lebih cocok untuk menulis dengan persiapan matang dibanding menulis secara langsung.

– Browsing mencari inspirasi.

– Jalan-jalan keluar mencari inspirasi

– Tidur dan jgn lupa berdoa agar diberi ilham lewat mimpi *mengangguk-angguk dengan gaya serius*

– Boker juga katanya bisa untuk mencari isnpirasi [habis ini Shirei dibuang beneran ke planet Namec]

Masih stuck juga?

– Write Drabble [karangan kurang dari 50 kata]. Enggak usah mikir plot. No! Just write anything!

Contoh :

Reina tertawa. Tingkah Hachisuka yang terlihat jijik saat memegang lap pel dan menyapukannya ke lantai dengan kaki jenjang berbalut kaus kaki putih itu terlihat menggemaskan. Toudan kesayangannya itu benar-benar membenci tugas kebersihan. Mana ada toudan yang membersihkan lantai lengkap dengan kaos kaki dan melakukannya sambil berdiri seperti dirinya?

No plot, just write. Satu scene, dua scene, random. Apa pun! Tulis aja. Ini cara paling ampuh untuk memaksa Shirei menulis.

BACA JUGA :  Cara Merevisi Cerita Novel dengan Mengendapkanya

—————————————————

CIRI-CIRI :

– Merasa tulisan kita jelek sedunia
– Merasa enggak bisa nulis panjang

PENYEBAB :

– Minder
Tidak percaya diri hal yang wajar terjadi dan sering terjadi kambuhan. Timbul dari rasa perfeksionis juga terlalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

PENYEMBUHAN :

– Selalu ingat-ingat tujuan awal menulis. “Menulis untuk kesenangan? atau untuk ketenaran?”

– Baca tulisan-tulisan lama kita. Jangan bandingkan dengan orang lain. Baca tulisan lama kita sendiri.

Itu alasan setelah One Step dinyatakan tamat, Shirei enggak akan merevisi One Step. Biarlah itu jadi monumen pembelajaran Shirei di masa lalu [dialog tag salah smua, acuh, aktivitas, trus juga napas] wakakaka.

– Lupakan tulisan sempurna. Menulislah karena ingin melepaskan sesuatu dari dalam kepala. Terkadang, yang menyebabkan tulisan kita menjadi pendek adalah kita terlalu ingin sempurna. Kita akhirnya tercengkeram ketakutan sendiri bahwa tulisan kita akan jelek, sehingga tanpa sadar membatasi keinginan untuk menulis.

—————————————————

CIRI-CIRI :

– Pingin nulis, tapi enggak ada feel sama ceritanya lagi

PENYEBAB :

Bosen sama ceritamu sendiri
Kemungkinan terbesar adalah kamu bosen sama ceritamu sendiri karena ituuu mulu yang diurus.

Ada ide lain yang mendesak keluar

PENYEMBUHAN :

Konsisten
kalau boleh Shirei sarankan, jangan biasakan jadi author yang belum kelar satu ide, bikin ide lain. Bukan enggak boleh, tapi usahakan FOKUS.

Senpai Shirei (yang udah nerbitin lbh dr 20 buku di penerbit major) berkata, Lebih baik fokus mengerjakan satu novel dalam 3 bulan, dari pada 5 novel tapi enggak satu pun selesai.

Sekali otak terbiasa ‘bosan’ saat menemukan ide baru, kita akan cenderung malas melanjutkan yg lama.

Entah alasannya enggak nge-feel, enggak dapat ide, tapi pada dasarnya, cuma satu, “aku dapat ide baru yang lebih keren sehingga ide lama terlihat melempemlembekcetek kayak seblak ceker ga pedes yang cekernya lg habis.” Enggak greget!

BACA JUGA :  Cara Mudah Kirim Naskah Novel ke Penerbit Mayor Gramedia Pustaka Utama 2020

Trus sayang dong ide bagusnya kalau engga dipake?

Weits, Shirei enggak bilang dilarang ditulis. Hanya jangan dijadikan novel. Tulis kerangkanya, susun plotnya, cari referensi. Catat semua. BOLEH!

Saat menulis Monokrom, Shirei juga ‘nyambi’ nulis Possesive Bad Boy and Nerd Fangirl, persiapan Fathiya dan juga nulis 300 kata/day untuk serial fantasy Shirei.

Namun … Shirei tetep fokus, HANYA Monokrom yang punya jadwal tetap diunggah setiap Jumat.

Bosen sama ceritamu

Tulis drabble ttg tokohnya. Asal aja. Misal gimana Vega kalau lagi di perpustakaan, atau Cala pas masak di dapur, atau Ryan pas main Wii, ga perlu ada plot, just write. Kalau mau di OOC-kan, OOC in aja biar ga jenuh.

Bener-bener bosen sama tokohnya? Tulis CERITA PENDEK lain? Fanfic? Original short story yang tamat dalam 3000 kata max, itu cukup bisa membuat otak jadi fresh. Atau selingi dengan membuat drabble kisah yang lain. Puisi juga boleeh.

INGAT! Hanya drabble. Jangan diunggah beneran atau jadi 1 chapter. karena begitu jadi 1 chapter, godaan akan lebih berat lagi untuk enggak unggah ke wattpad. Dan efek dominonya, bakalan melupakan cerita yang lama.

Buat Shirei, WRITER’S BLOCK hanyalah MITOS. Sehebat apa pun Cara mengatasi Writer’s Block yang dibaca, kalau nggak ada niat, ya nggak akan berhasil lepas. Ia hadir karena sesuatu di dalam kepala dan hati Shirei sendiri. Dia bukan monster yang bisa membuat Shirei tunduk. Dia bisa dikalahkan, sama seperti Shirei berjuang melawan penyakit mental lainnya.

Mungkin butuh waktu, tapi WB bukan makhluk abadi.

“Manusia bisa berusaha, Karena kita SUKA

Semoga Cara mengatasi Writer’s Block ini bisa bermanfaat, ya!

17 thoughts on “Cara Mengatasi Writer’s Block”

  1. Aahh bener banget! Aku suka kena writer’s block pas nulis buku pertama sampe ke-7 tapi giliran 8 keatas, nggak pernah writer’s block. Tapi malah sekarang milih stop nulis buku, beralih ke Blog dan fokus disitu

    Reply
  2. Nah… Bener bangeet.
    Sudah ngalamin semua pasang surut menulis.
    Percaya? Ide itu ada setiap saat, tapi menyempatkan menulis itu yang penting.

    Dan saya sekarang kembali menulis.

    Reply
  3. Iya saya kadang suka WBan nih, bosen iya ga ada ide juga iya ,tp kembali lg dr niat awal nulis blog buat apa buat berbagi atau senang2 saja, tfs ya mba shirei

    Reply
  4. Aku banget Kak! Bener-bener ngebantu.. makasih Kak shirei. Aku juga punya banyak hobi jadi nggak terlalu pusing kalau lagi males lanjutin cerita, tinggal beralih ke gambar ato ngemil :v semangat terus ya Kak >< ditunggu tips-tips selanjutnyaaa

    Reply

Leave a Comment

error: Maaf, tidak diperkenankan klik kanan. Tautan akan terbuka langsung ke halaman baru.