Proses Kreatif Obsessive Loves Novel Mayor Gramedia dari Wattpad

Asistensi Simopsis lengkap dan Mentoring Menulis Privat APRIL / MEI 2020

Untuk info langsung WHATSAPP 0812-12-707-424 atau klik DI SINI


Lebih Bagus Mana (3)
Dapatkan Informasi Postingan TerbaruFollow Tips Menulis Novel Gratis on WordPress.com

Sejak tersebar kabar bahwa Obsessive Loves akan naik cetak dan penerbitnya adalah Gramedia Pustaka Utama, banyak komentar-komentar masuk.

Rata-rata menanyakan, bagaimana sih Proses Kreatif Obsessive Loves Novel Mayor Gramedia dari Wattpad dengan cover pink err.. entahlah apa nama warnanya ini. Ahahah Cantik sekali.

Obsessive Loves Shireishou  

Jadi, pada postingan kali ini Shirei akan berbagi proses kreatif Obsessive Loves hingga bisa jadi sebuah buku yang bisa teman-teman dapatkan di toko buku offline dan online terdekat. MasyaAllah. 

Proses Kreatif Obsessive Loves Novel Mayor Gramedia dari Wattpad

Ide awalnya sekitar bulan Mei 2017 ketika Shirei membaca sebuah berita bahwa seorang perempuan dinikahkan dengan pemerkosanya demi menjaga nama baik keluarga.

Astagfirullah Al’aziim.

Bagaimana bisa “nama baik” dijaga dengan cara begitu jahatnya?

Bagaimana bisa, korban harus menderita seumur hidup demi sesuatu yang sebenernya enggak perlu sejak awal? Tidak ada yang perlu dijaga karena memang korban TIDAK PERNAH BERSALAH! Tidak ada NAMA BAIK yang dilukai di sana. DIA KORBAN!

Berawal dari hal seperti itu, Shirei curhat ke teman dan mendapatkan jawaban mengejutkan, “Yang begitu banyak, apalagi pelakunya teman sekolah atau tetangga.  Langsung dinikahkan tanpa perlu masuk berita.”

AJHSGJAHGKJLSHKJHAKJHAKLJHAKLJH!!

Akhirnya, curhat ke temen Shirei yang lain yang seorang psikolog dan mendapat kabar lebih mengerikan. Ada yang sampai nyaris bunuh diri karena dipaksa menikah dengan pemerkosanya.

Langsung tercetus ide untuk membuat sebuah kisah yang menunjukkan bahwa KORBAN PERKOSAAN BUKAN AIB!

Lalu teman itu mengisahkan ada kliennya yang bersedia jadi narasumber. Lalu dengan Syaira  yang menjadi narasumber, perlahan terbentuklah kisah Obssessive Loves – Ketika  Cinta Penjarakan Nurani.

Karena ceritanya gelap dan baru pertama Shirei buat cerita segelap ini, Shirei khawatir banget. Bahkan One Step [ KDRT ayah terhadap anaknya dan bullying di sekolah] tidak segelap ini.

Lalu melihat salah satu editor senior GPU mbak Rosi L. Simamora membuat kelas privat, akhirnya bulan Mei 2017, Shirei masuk kelas.

DIBANTAI!!! IYA, SHIREI DIBANTAI ABIS!!! 😅 Namun, itulah tujuan mentoring privat, ‘kan?

Akhirnya 1 Agustus 2017, Obsessive Loves naik ke Wattpad.

Proses Kreatif Obsessive Loves Novel Mayor Gramedia dari Wattpad

Ternyata, Shirei butuh distraksi. Menulis sesuatu yang nggak pake mikir, santai, dan tidak banyak membebani otak. Beban yang ditanggung Syaira begitu berat hingga Shirei bahkan nggak kuat nulis dia doank. Baru jalan 8 bab nulis Obsessive Loves di Wattpad, Shirei enggak kuat.

Akhirnya, Shirei ngajak teman-teman NPC untuk kolab dengan Shirei. Dan waktu itu haanya PhiliaFate yang nyaut. AstieChan belum jadi member NPC waktu itu [sekarang udah]. Maka upload-lah Passionate CEO sebagai distraksi. 

BACA JUGA :  Amankah dari Plagiat jika Upload karya di Wattpad dan Platform Lain?

Hanya saja, DILUAR DUGAAN, Passionate CEO jadi VIRAL! [MasyaAllah]. Kisah cinta klise antara Axel dan Mysha melejit. Sementara Syaira terserok di bawah.

Setiap ada notif komen, semua ke Axel. Bisa kebayang perasaan Shirei saat itu? 

Yup … mixed feeling.

Cerita yang Shirei riset habis-habisan, bela-belain les dengan biaya yang sampai harus cicilan 3 bulan, kalah dengan cerita sendiri yang dibuat justru sebagai distraksi cerita tersebut. 😂

Namun, semua harus disyukuri, bukan?

Karena setelah Obsessive Loves tamat di 30 Desember 2017 dengan HANYA 114k view, follower Shirei untuk yang pertama tembus 100.000 berkat Passionate CEO.

See? Shirei mixed feeling sama cerita satu itu.

Sementara itu, Passionate CEO menyusul tamat di 5 Februari 2018, dengan 2 JUTA VIEW. Ahahaha [nangis]

Lalu Shirei membuat kisah romantis antara programer dan gamer yang sama-sama atlit bela diri PON, Fight (with) Me yang lagi-lagi tenggelam sama HYPE, Passionate CEO. Ahahahaha [ketawa miris part 2].

Padahal Shirei sampai bikin sistem gamenya sendiri, meneliti ini itu anu karena settingnya 2030. Ya sudahlah. lol

Kemudian, July 2018, pertama kali naskah Obsessive Loves dikirimkan ke penerbit mayor A. Karena dimasukkan dalam Box, Shirei dapat masukan. Namun, semua masukannya ada di dalam novel lengkapnya. Shirei anggap Shirei GAGAL menulis sinopsis dengan baik karena ini genrenya semi misteri.

Rombak sinopsis, lalu Agustus 2018 penolakan kedua dari penerbit mayor B datang dengan alasan, ceritanya terlalu gelap dan tidak sesuai dengan segmen mereka. 

Akhir 2018, Shirei ditaksir penerbit Indie. Namun, ternyata meski Shirei ajukan Obsessive Loves, dia tertolak dan yang diterima Amore in Sardegna. Alasannya sama. TERLALU GELAP. Baiiiiik…..

Awal 2019, Shirei ditawarin Sis Putu buat ngajuin naskah ke Comico. Shirei ajukan Fight [with] Me yang masih 14.000 view waktu itu dan Obsessive Loves. Obsessive Loves mengalami PERUBAHAN SINOPSIS besar-besaran. Namun, Shirei belum eksekusi ke naskah aslinya. Karena masih fokus bikin Blood Beyond the Blue Gate [SciFi] plus dengan penolakan berulang, Shirei mau endapin dulu, deh. Enggak yakin juga bakal diterima juga di Comico. Ahahaha

BACA JUGA :  Tips Komunikasi yang Efektif

MasyaAllah, ternyata Fight (with) Me diterima sama Mbak Donna!! Lalu diajukan ke pihak Comico, dan mereka tertarik. [mewek terharu]

Akhirnya naik di Comico dengan judul baru ToGetHer Love. Bahkan ada pembeli setia lho! Masya Allah. Sejak Comico tutup, sekarang bisa dibaca gratis di GWP.ID

Baca cerita Shireishou online ToGetHer Love

Lalu, bulan Mei 2019, sesuai dugaan Mbak Donna bilang, kalau Obsessive Loves nggak cocok sama Comico dan dicoba diajukan ke GPU karena editornya tertarik sama sinopsisnya! 

Yup … Mbak Donna-lah pembuka gerbangku waktu itu. Satu langkah sebelum akhirnya bisa nulis Proses Kreatif Obsessive Loves Novel Mayor Gramedia dari Wattpad di blog Tips Menulis Gratis ini.

Shirei NGEBUT REVISI ABIS-ABISAN!! Nambahin satu karakter baru, mengubah Kani agar lebih bisa diterima oleh masyarakat Indonesia, lalu menambah keromantisan di dalamnya. Pokoknya sesuatu yang Shirei kecap di sinopsis, Shirei wujudkan jadi nyata. Lalu dikirimlah hasil revisian itu.

Kemudian, Shirei lupa karena memang nggak terlalu berharap plus fokus sama kehamilan dan gimana nyari duit buat lahiran. 😂 Meskipun direkomendasikan, statusnya sama kayak Fake Love di Elex. Semua harus seleksi. Bisa aja gagal.

Lalu fokus nulis Fathiya, balik ikut kelas MDP mbak Rosi lagi karena pertama kali bikin cerita semi religi.

Tiba-tiba 10 Oktober 2019, Mbak Donna bilang kalau naskah Obsesssive Love SUDAH BELIAU REVISI dan siap masuk ke proof read cetak.

Shirei kayak orang bego waktu itu

Sampai bolak-balik baca chattingan-nya. Takut salah paham. Apanya yang direvisi? Apanya yang masuk proof read? EH? EH? EH? APAAAAAA???

Dengan tangan gemeter Masya Allah, Shirei nanya, “Mbak, maksudnya proof read apa? Apa maksudnya mau diterbitin GPU?”

Beliau bilang, “Lho? Kan emang iya. Waktu itu saya kasih tahu Mbak Fia tertarik itu udah keterima.”

APFUAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA?!!!!!!

Jadi begitulah saaudara-saudara sekalian. Wanita hamil itu lemotnya maksimal. Jadi Shirei nggak ngeh kalau sudah diterima sejak Mei, dan baru ngeh bulan Oktober.

Langsung sujud syukur. MasyaAllah.

GPU itu … bener-bener nggak pernah kebayang bakalan masuk. Baru satu kali kirim ke sana 2017 dan tentu ditolak. Habis itu belum pernah coba lagi. Ahahah

BACA JUGA :  Cara Mudah Kirim Naskah Novel ke Penerbit Mayor Gramedia Pustaka Utama 2020
Proses Kreatif Obsessive Loves Novel Mayor Gramedia dari Wattpad

Lalu, ada yang tanya, “KOK BISA SIH RELIGI MASUK GPU? APA KARENA SHIREI BANYAK FOLLOWER?”

NO NO! 

Shirei sempat tanya ke Mbak Fia alasan Shirei keterima. 

KARENA TEMANYA MASUK KE GPU!

Mbak Fia pengin juga menyebarkan awareness soal korban perkosaan itu BUKAN AIB! Mereka harus didukung, bukannya malah disalah-salahkan.

GPU TIDAK MELIHAT FOLLOWER!!

Coba dipikirkan, itu rekomendasi dari Mbak Donna lho. Mbak Donna yang menerima Fight With Me dengan view CUMA 14.000. Tanpa mengecek Wattpad Shirei.

Apa editor seperti Mbak Donna yang menerima naskah tanpa embel-embel JUTA akan memberitahu jumlah follower Shirei ke Mbak Fia? Shirei rasa tidak.

Kalau GPU menjual jumlah follower, pasti akan dikasih dibuat Shireishou dengan follower 180.000 lebih. Nyatanya enggak, kan? 

Justru, sinopsis belakangnya penuh testimonial dari penulis. Ada penulis GPU Mbak Titi Sanaria dan juga teman-teman NPC.

Paus Testimonial
Tetsimonial Obsessive LOves

Semua FOKUS PADA ISI, BUKAN STATISTIK!

Seperti yang Shirei katakan di awal, Shirei enggak pernah merasa sebagai author terkenal, karena karya-karya Shirei umumnya di view hanya sedikit. Shirei punya banyak follower kebetulan karena Passionate CEO viral. Itu saja. 

Namun, justru karena menanggung ‘beban‘ 180k follower, Shirei terus berusaha memberikan cerita-cerita yang lebih baik dan lebih memberi manfaat ke depannya.

Sambil melakukan revisi bolak-balik dengan Mbak Fia, Shirei nulis Fathiya yang tamat 31 Desember 2019.

Sampai akhirnya persetujuan Cover. Karena Shirei buta warna merah-hijau, Shirei pasrah sama pilihannya Mbak Fia dan team. MasyaAllah akhirnya jadi dengan sangat cantik.

Akhirnya, jadi deh. Untuk proses gimana GPU bisa kasih special bonus buat PO plus TIPS dari Mbak Fia supaya diterima GPU, Shirei jelaskan dalam bentuk video, ya di youtube. Enggak bisa lama-lama ngetik.

Bonus Obsessive loves Shireishou gramedia

 

Semoga membantu, yaaa…. Kalau masih ada yang bingung sama prosedur detailnya yang nggak pakai rekomendasi, bisa langsung ke webnya langsung

Teman Shirei lolos kok di GPU dengan cara itu.

Inilah sekelumit cerita tentang Proses Kreatif Obsessive Loves Novel Mayor Gramedia dari Wattpad. 

Jangan pernah menyerah kalau ditolak! Karena ditolak, belum tentu jelek, tapi bisa jadi karena TIDAK COCOK saja.

Sampai jumpa di Youtube, ya! [Padahal belom rekaman] wakakaka

 

18 thoughts on “Proses Kreatif Obsessive Loves Novel Mayor Gramedia dari Wattpad”

  1. Masya Allah, keren banget ya perjuangan sebuah cerita sampai dipublikasikan. Memang yang ada ranah personal dan kisah nyata biasanya lebih membekas di hati. Aku yang kudet nggak tau mbak Shireishou nih. Sukses terus mbak dengan novelnya, jadi ingat dulu pun suka nulis cerita

    Reply
  2. Masya Allah keren Mbak prosesnya. Penuh perjuangan. Ternyata memang kuncinya adalah terus menulis dan menulis, sambil belajar ya Mbak Shirei. Gimana nih rasanya, naskahnya bisa diterbitkan di GPU? Pasti senang bamget Mbak. Sukses selalu ya Mbak, dengan karya-karya selanjutnya.

    Reply
  3. Perjuangan yang luar biasa.
    Perjuangan yang tak sia-sia.

    Saya juga lagi nulis novel. Tapi bukan di wattpad. Di FB.
    Novel religius. Banyak kesan positif masuk.
    Rencananya pengen diterbitkan. Tapi milih diterbitkan indie aja kayaknya.

    Reply
    • Panjang dan penuh perjuangan sekali Mba proses kreatifnya. Masya Allah 🤩 jadi penasaran sama bukunya. Kebetulan saya suka tema misteri kaya gini. Apalagi ada nilai moral yang di usung dalam ceritanya. Nanti ku cari di gramedia kalau sudah terbit.

      Reply
  4. Keren banget, Mbak. Usaha enggak akan mengkhianati hasil. Dulu saya pengen banget nulis novel sampai ikutan kelas novel. Belakangan ini saya merasa lebih cocok sama genre non fiksi, Karena seringnya nulis artikel. Akhirnya milih nulis nonfiksi plus ngeblog juga. Keren, Mbak. Btw akun wattpadnya apa, ntar saya follow.

    Reply
  5. Mbak, temanya menarik sekali. Baru tahu lho, tema seperti itu ternyata nggak semua penerbit mau terima. Jadi penasaran sama bukunya nih. Semoga sukses dengan buku-buku lainnya ya, Mbak.

    Reply
  6. Duh, saya pakai wattpad cuma baca aja belum jadi penulis didalamnya😅, anyway terima kasih mbak mau bocorin kaya apa untuk tembus di mayor😙

    Reply
  7. Menulis engga cuma bisa menulis yah. Apalagi kalau mau diterbitkan dan melibatkan penerbit major. Waduh…mereka punya tim yang menilai karya kita bakalan laku atau engga. Nah, perjuangan penulis nih…
    Btw…selamat yaaa. Tetap semangat menulis deh…

    Reply
  8. Mbaa shirei. Aku jadi inget kalau punya tabungan novel yang mangkrak.

    Di novel itu aku ingin sedikit mwngimbangi campaign2 dari kelompok LGBT.

    Tentang proses panjang seorang lesbi yang akhirnya memilih dan berusaha keras untuk ‘sembuh’ kembali dalam fitrahnya.

    Ahh aku sadar bakat fiksiku belum setajam mba. Motivasiku hanya motif sosial melihat fenomena lgbt yg menurutku (dg latbel psikologi) kurang membantu menyelesaikan masalah utama kejiwaan mereka.

    Kok aku jadi curcol….

    But trimakasih semangatnya. Saya bru sekali ikut kelas mnulis. KMO. Itupun krna butuh. Ingin nulis pesan moral lewT novel

    Reply
    • Aku lg ikut KMO, lho, skrg wahahah. Hayuk semangat. Aku genre Slice of Life. Jd emank angkat xita2 dan perjuangan hidup. Romance cm bumbu. Tp genre begini berat perjuangabnya, Mbak ahahaha

      Reply
  9. Ide ceritanya brilian, mbak. Prosesnya juga panjang sekali, sampe akhirnya berhasil. Wah, ditunggu banget di toko buku Bengkulu deh 😍😍

    Reply

Leave a Comment

error: Maaf, tidak diperkenankan klik kanan. Tautan akan terbuka langsung ke halaman baru.