Resume Gelanggang Inspirasi Leader Balai Kampung Komunitas Ibu Profesional

Mentoring teori kepenulisan, Asistensi Sinopsis lengkap, dan Mentoring Menulis Privat 2021

Untuk info langsung WHATSAPP 0812-12-707-424 atau klik DI SINI


balai main ceria iip
Dapatkan Informasi Postingan TerbaruFollow Tips Menulis Novel Gratis on WordPress.com

Bismillah. Halo, teman-teman! Lama Shirei nggak update blog. Buat yang nunggu tips menulis novel gratis, InsyaAllah soon, ya. Hari ini Shirei mau ngerjain tugas dulu tentang Resume Gelanggang Inspirasi leader balai kampung komunitas Ibu Profesional

Buat yang belum tahu apa itu Ibu Profesional, bisa melipir ke webnya atau baca-baca aliran rasa Shirei di kategori IIP-Depok.

Shirei adalah member lama rasa baru. Masuk di batch 7 [2019], tapi belum naik ke jenjang berikutnya karena Qadarullah diberi amanat hamil dan kondisinya nggak memungkinkan. Akhirnya baru mau maju ke jenjang selanjutnya setelah bocahnya udah dua tahun. Hehehe

Makanya, Shirei berjuang nih buat mengikuti semua kegiatan kampung bale. Yosh!

Karena itu, Shirei akan membuat resume tentang apa sih yang sudah Shirei dapat dari lima kali zoom meeting selama seminggu kemarin. Ngapain aja sih? Ini dia jadwalnya :

kampung main 3 prestasik

So, kita mulai dari Gelanggang inpisrasi pertama, ya!

1 iip strong why berkomunitasApa sih STRONG WHY itu?

Sesuatu yang membuat kita bertahan jika kepentok tembok. Sebuah motivasi, niat awal, juga apa pun yang bisa kita jadikan pengingat saat kita jenuh, bosan, atau mungkin frustrasi karena tidak mendapatkan apa yang kita harapkan.

Para leader kece IIP menjelaskan ada banyak sekali versi Strong Why untuk memilih berkomunitas.

Ada yang untuk meningkatkan kapasitas diri, skill bersosialisasi, saling mendukung, tertular semangat positif, mencari teman seperjuangan, menemukan passion, dll

Shirei pribadi ikut berkomunitas karena Shirei orangnya introvert. Sungguh! Waktu diseret Mak Meti untuk masuk ke tim dapur Rumbelis Depok [Rumah Belajar Menulis Depok], maju-mundur. Namun, balik ke Strong Why Shirei adalah ‘Berusaha untuk tidak terlalu introvert dan bermanfaat bagi sesama’, akhirnya Shirei nekat.

Akhirnya sampai detik ini, masih bertahan sebagai tim dapur Rumbelis Depok bersama Emak-Emak kece di IIP Regional Depok. Yaay!

Alhamdulillah, tim Rumbelis itu luar biasa. Shirei banyak sekali dibantu dan dibimbing. Shirei si anak bawang diberi kepercayaan mengisi Zoom dan Whatsapp mentoring kepenulisan di IP regional lain. MasyaAllah.

Tim yang solid dan saling mendukung adalah hal berharga untuk membuat kita tetap bertahan dalam sebuah komunitas. Menjadi anggota yang baik dan dikelilingi oleh anggota yang baik pula.

2 iip tantangan berkomunitas di regional

Tantangan Berkomunitas di Regional

Banyak kepala, tentu tidak selamanya mulus. Akan ada perbedaan pendapat dan mungkin berujung pertikaian.

Shirei belum pernah merasakan pertikaian di regional Depok. Ahaha [Ya iya lah ya]. Hanya saja, di Rumbelis sendiri, karena kami penulis dari aneka genre, kebingungan menyatukan suara khususnya untuk proyek-proyek bersama itu cukup sulit.

Namun, tips dan trik dari para leader sangat-sangat membantu dan tampaknya sudah diterapkan oleh para Emak-Emak di Rumbelis Depok.

Shirei yang paling susah ON di grup, selalu ‘dimaklumi’. Didukung, disupport. Diingatkan apa yang harus dilakukan.

Misal, tiap Jumat Shirei harus mengisi materi. Nah, dari Rabu sudah diingatkan tuh materinya mau apa, Nanti Kamis Shirei buatkan. Pas hari jumat, pas siang, diingatkan lagi kalau malam mau ‘manggung’. Ahahaha MasyaAllah. Luar biasa memang. Shirei jadi malu sendiri kadang-kadang.

Semoga bisa lebih aktif lagi kalau anak-anak sudah lebih besar dan mandiri.

Maju terus Rumbelis Depok. Hehehe

3 iip tips betah di regional

Tips Betah di Regional

Tantangan terbesar Shirei di regional khususnya di WAG Depok adalah… MALUUUU. Ahahaha. Takut salah ngomong, takut ini itu, lah!

Sebenarnya leadernya super amat sangat baik. Member-membernya juga. Cuma emang introvert akut ini belum sembuh.

Jadinya Shirei kayak silent reader. Kalau disapa ya dijawab. Kadang nunggu ada yang jawab dulu. Shirei mah parah. T_T

Hanya di Rumbelis, Shirei lebih ‘bawel’. Mungkin karena jumlah membernya lebih sedikit, ya. Entahlah.

Shirei janji InsyaAllah akan berjuang untuk lebih membaur lagi ke depannya. Yang jelas, betah dong…. Karena semua tips-tips yang diberikan para leader seperti menyapa, mencoba mengenal. ikut aktif dalam kegiatan, sudah Shirei coba dan Shirei rasakan. Hanya memang pemalunya ini yang harus disingkirkan. Hehehe

4 iip ruang bermain di regional

 

Ruang Bermain di Regional

Jujur, ini adalah hal baru buat Shirei. Ada tiga wadah bermain di Kampung Komunitas, yaitu: Rumbel (Rumah Belajar), Rumin (Rumah Bermain), dan Rumba (Rumah Berbagi).

Sebagai yang cuma tahu rumbel, Shirei bener-bener mendapat ilmu baru. Aduh, kemarin kemana ajaaaa? lol

Yuk, kita bahas satu per satu.

Rumah Belajar (Rumbel)

Rumbel adalah wadah untuk belajar passion tertentu. Di Depok kalau nggak salah ada Rumbelis [ini yang Shirei ikuti], Rumbel Anak [Ini Shirei jadi anggota tahun ini], Rumbel Ada [Anak, tapi yang remaja], Rumbel Memasak, Rumbel managemen keuangan/bisnis apa ya? Lupa. Wkakakakaka Soalnya cuma boleh pilih dua. Jadi Shirei fokus sama Menulis dan Anak aja. Maafkaan.

Di sini kita bakalan belajar, ada proyek bareng, pokoknya naikin skill, deh!

Rumah Bermain (Rumin)

Kalau Rumbel punya jadwal khusus, Rumin enggak. Dia bikin kegiatan-kegiatan seru kayak olga bareng, bikin craft bareng, gitu-gitu. Hmmm… mungkin Shirei tahu, tapi sebenernya karena kegiatannya banyak offline [sebelum pandemi], Shirei nggak pernah berani ikut karena pemalu. Aiiih….

Rumah Berbagi (Rumba)

Kalau yang ini kayaknya Shirei pernah diminta ngisi jadi mentor deh… lupa-lupa inget. Astaga…. intinya bahwa IIP regional bikin semacam kegiatan untuk orang umum. Mentornya bisa anggota IIP, bisa juga dari undangan luar. Seingat Shirei, pernah diundang ngisi di regional lain dan pesertanya bukan hanya anggota IIP. Semoga Shirei nggak salah. Kalau salah, tolong dikoreksi, ya.

5 iip kontribusi warga baru di regional

Kontribusi Warga Baru di Komunitas

Jangan ragu untuk berkontribusi. TIDAK ADA SKILL REMEH! Itu yang selalu Shirei ingat. Pas dulu diseret jadi tim rumbelis, juga ngajar di beberapa acara, Shirei selalu disemangati, “Sesedikit apa pun ilmu, justru menjadi sangat berguna saat dibagikan.”

MasyaAllah!

Kita semua adalah warga Komunitas IIP. Untuk menciptakan komunitas yang sehat, maka mari menjadi peserta yang sehat pula.

Karena berbagi itu indah.

Nah, sekian resume singkat tentang keseruan seminggu nyimak di Zoom, Live Youtube, dan juga siaran ulangnya. Jika ada yang salah, Shirei mohon maaf. Terima kasih banyaaak

apresiasi shireishou,

#Resume1 #GelanggangInspirasiLeader #OrientasiKampungKomunitas #BalaiMainCeria #IbuProfesional2021 #KomunitasIbuProfesional #KampungMain3 #SemestaKaryaUntukIndonesia #SalamBerprestasi #PrestAsyik

 

1 thought on “Resume Gelanggang Inspirasi Leader Balai Kampung Komunitas Ibu Profesional”

Leave a Comment

error: Maaf, tidak diperkenankan klik kanan. Tautan akan terbuka langsung ke halaman baru.