Facebook dan Instagram Down 14 Maret 2019

Facebook Page untuk Tips Menulis Novel Harian

facebook down

Sejak pagi, sudah banyak orang sibuk bertanya apa Facebook mereka mengalami galat. Nggak hanya Facebook, ternyata sejak semalam, Instagram juga tidak bisa merefresh Feed.

Shirei pribadi lebih banyak main di Facebook khususnya Facebook page untuk mensharing tutorial-tutorial singkat yang lebih mudah dibuat daripada versi blog. Soalnya tutorial menulis novel gratis di facebook tidak membutuhkan gambar cantik dan jumlah kata yang banyak. Makanya Shirei suka. Ahahaha

Apa daya, pagi ini saat mau posting, tiba-tiba galat menyerang. Shirei nggak bisa unggah foto, mengakses facebook.

Parahnya, Shirei lagi ngadain SALE stationery di FB. Wakakaka Belom rekapan, Facebook malah down. Piye dong? Apa ini pertanda diminta update blog lagi? [plak]

Facebook error 2019

Masalah berikutnya adalah, Shirei lagi mau ngadain GA di Instagram Wkaakakkaa

Namun, apa daya, Instagram down juga. Yah, namanya juga satu kepemilikan. Meski jutaan server mereka tersebar di belahan dunia, kalau lagi galat, kompak juga, ya?

Instagram error 2019

Curiga karena satu pemilik, Whatsapp juga kena imbas. Meski #FacebookDown dan #InstagramDown sudah menjadi trending topik di Twitter, tapi #WhatsappDown belum

Namun, kenyataannya, ada galat yang tetap tercipta. Ohok. Shirei nggak bisa ngirim gambar dan video. Baik dengan versi gawai maupun whatsapp web.

Whatsapp error 2019

Lalu kepikiran.

Jika ketiga raksasa sistem komunikasi daring ini LUMPUH SELAMANYA, di mana kita akan berkomunikasi? Shirei yang terbiasa ber-haha-hihi di Facebook dan Whatsapp langsung merasa kehilangan. Ahahaha

Kalau begini, terpikirkan ada baiknya memang kita harus punya ‘rumah sendiri’. Tidak ada yang abadi di dunia. Sebut saja Friendster, MySpace, Path, dll. Facebook pun mungkin akan menemukan ajalnya kelak. Entahlah.

Setidaknya, jika ada masa down seperti sekarang, kita punya tempat berlabuh. Hasyah.

Banyak teman Shirei yang beralih ke Twitter. Sementara Shirei nggak ngerti cara pake twitter. Mungkin otak nggak secepat bagaimana Tweet bermunculan setiap detiknya. Ahahaha.

Twitter Shirei intinya cuma buat sharing yang ada dari sosial media yang lain. Bingung mau nulis apa pendek-pendek gitu.

Twitter Shireishou

Dulu Shirei punya website pakai nama asli, yang sudah dimusnahkan. Namun, karena sekarang Shirei lebih dikenal dengan Shireishou daripada nama asli, jadi ubah nama domain dan hapus domain yang lama.

Cuma, untuk membuat website dan konsisten menulis minimal 500 kata sekali pos itu sungguh berat, Esmeralda. Shirei sendiri pas hamil lima minggu aja, badan drop jadinya nggak mood nulis sama sekali. Walhasil, blog jadi terbengkalai.

Di grup Blogwalking Shirei, banyak yang ngebahas soal skor website yang Shirei nggak paham. DA, PA, entahlah. Ahahaha Shirei dari dulu nulis ya nulis. SEO ya seadanya. Sejak buanyak blog dan web sampah bermunculan yang isinya nggak ada, cuma muter-muterin judul aja biar dapat semua macem keyword, Shirei jadi illlfeel.

Shirei jadinya nggak terlalu pusingin SEO. Tetap dipakai, tapi bukan hal paling diperhatikan. Nulis semampunya, berbagi sebanyaknya, maka trafik akan datang dengan sendirinya. Karena sejatinya narablog itu menulis untuk manusia, bukan mesin pencari.

Ada beberapa hal yang bisa Shirei dapat dari peristiwa sosial media yang down ini.

  1. Jangan mengandalkan lahan orang untuk berdagang. 

Saat down seperti ini, kita akan kesulitan untuk dicapai oleh pembeli. yah, Shirei sih nggak dagang. Cuma kemaren SALE stationery dikit. Cuma, beloman rekapan udah error facebook. Wakakakak

2. Jangan hanya memiliki satu platform sosial media

Kalau Fb down ada IG, IG down ada Twitter. Kalau semua down? Setidaknya punya blog yang bisa untuk tetap berhubungan.

3. Mari ngeblog lagi!

Oke, yang terakhir maksa, tapi ini seolah tanda dari Allah buat Shirei untuk rajin ngeblog lagi setelah hiatus sekian lama.


Yah, mau down sementara ataupun selamanya, Shirei berharap yang terbaik.

Untuk sekarang, biar Shirei main blogger kembali. Kalau teman-teman ‘kabur’ ke mana?

Sampai jumpaaaa….

Leave a Comment

error: Maaf, tidak diperkenankan klik kanan. Tautan akan terbuka langsung ke halaman baru.