Manajemen Waktu Penulis

Mentoring teori kepenulisan, Asistensi Sinopsis lengkap, dan Mentoring Menulis Privat 2022-2033

Untuk info langsung WHATSAPP 0812-12-707-424 atau klik DI SINI


Manajemen Waktu Penulis
Dapatkan Informasi Postingan TerbaruFollow Tips Menulis Novel Gratis on WordPress.com

Sebagai penulis, banyak hal yang harus kita pikirkan saat membuat karya. Khususnya jika menulis bukanlah pekerjaan utama kita. Harus pandai-pandai dalam menyisihkan waktu agar tetap bisa berkarya. Masalahnya, bagaimana kita bisa berkaya sementara waktu kita sangat terbatas?

Karena itu, pada kesempatan kali ini, Shirei akan membahas tips yang mungkin terabaikan oleh beberapa penulis.

Manajemen Waktu Penulis

Apa sih manajemen waktu penulis ini?

ma.na.je.men /manajêmèn/

  1. n penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran

Jadi, Manajemen waktu penulis adalah penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai target yang diharapkan bagi seorang penulis.

Lalu, hal apa saja yang diperlukan untuk mengatur waktu untuk menulis?

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencatat kegiatan kita selama seminggu. Setiap jam ngapain aja dan durasinya berapa lama.

Setelah itu pilah kegiatan-kegiatan itu dalam empat kuadran seperti di gambar

Priority Matrix Method

Manajemen Waktu Penulis

Misal nih untuk penulis yang juga IRT :

  1. Ngurus bocils, Beberes, istirahat, dll
  2. Ngajarin anak, dll
  3. Masak, dll
  4. Main game, nonton, dll
BACA JUGA :  Bonus : Magicamore Arancini

Lalu, kita pilih tuh, menulis novel masuk ke kuadran yang mana?

Nah, kalau Shirei pribadi, meletakkannya di kuadran dua. Penting, tapi tidak mendesak.

Dari empat kegiatan itu, mana yang bisa dibuang?

Misal, Shirei mengurangi nonton satu jam sehari menjadi nulis satu jam.

Atau mendelegasikan cucian [beberes] ke laundry.

Selalu ada yang dikorbankan untuk mendapatkan sesuatu.

Manajemen Waktu Penulis bukan hal sulit, tapi juga nggak mudah

Hal paling berat dari manajemen waktu adalah KONSISTENSI.

Saat mood sudah mendominasi, ini yang repot.

manajemen waktu penulis

Kadang nih, kita tuh maunya buanyaaaak, tapi nggak pernah diatur waktunya.

Nanti jatuhnya nggak sesuai dengan pribahasa ‘bayang-bayang sepanjang badan’

Sesuatu yang sepadan atau sesuai dengan keadaannya (kemampuan, harapan, dan lain-lain).

Jadi, saat membuat target, khususnya merancang Manajemen Waktu Penulis, target yang dibuat pun harus masuk akal.

Untuk membuat target yang masuk akal, harus memperhatikan lima hal berikut

smart goal cara bikin target

 

S : Spesifik

Target yang kita tujun harus konkret dan jelas. Bisa diraba dan tidak ngawang gitu.

BACA JUGA :  Cara Menghadapi Semangat yang Kendor karena Selalu Gagal

Contoh ngawang tuh kayak…. “Pengin bikin buku best seller.”

Buku apa?

Novel?

Genre apa?

Tema apa?

Itu terlalu ngawang.

Yang konkret tuh : “Saya ingin membuat novel saya yang berjudul Asam Garam Asa dan Gara tamat saat lomba GWP x Laiqa”

M : Measurable

Punya target yang BISA DIUKUR. Misal, kalau targetnya pengin ‘terkenal’, kan susah tuh ukurannya. Terkenal tuh punya 10.000 follower? Apa selalu best seller? Apa gimana?

Yang terukur tuh kayak : “Novel Tamat”, “Revisi selesai”, “Satu novel setahun”, dll

A : Actionable

Bisa dikerjakan. Jangan sampai cita-cita kita pengin branding ke semua sosial media, tapi ya nggak mampu dilakukan.

Pastikan target kita, punya kemungkinan untuk diraih.

R : Realistic

Harus realistis dalam membuat target. Misal nih, targetnya pengin kolab sama J.R.R Tolkien. Kan berat banget tuh meraihnya.

Emangnya nggak boleh punya cita-cita setinggi langit?

BOLEH!

Tapi, kalau nggak tercapai, dilarang stres.

Dan jangan sampai kalau kita bikin target tidak realistis, kita bahkan nggak tahu kudu memulai dari mana.

BACA JUGA :  Tantangan Penulis di tahun 2020

T : Timebound

Punya tenggat. Jangan kita punya target, tapi nggak tahu kapan dapetinnya. Kita harus punya tenggat yang sesuai dengan kemampuan.

Kita buat contoh sederhana konsep SMART ini :

S : Satu novel terbit setiap tahun

M : Kalau satu bab seminggu, berarti maksimal 40 bab dengan anggapan tiga bulan dipakai untuk revisi

A : Kalau seminggu 1500 kata, maka satu hari harus membuat sekitar 250 kata.

R : Bisa lah kalau seminggu sekali 1500 kata.

T : Jangka waktunya satu tahun.

***

Nah, kebayang gimana cara mengatur waktunya?

Semoga membantu, ya.

Apa target teman-teman saat ini?

1 thought on “Manajemen Waktu Penulis”

  1. Target saya sekarang nyelesaikan gambar fanart Terra Walker dan bikin si Suscan jadian sama Bebek 0v0

    Reply

Leave a Comment

error: Maaf, tidak diperkenankan klik kanan. Tautan akan terbuka langsung ke halaman baru.