Musik Gratis untuk Youtube Video

Mentoring Menulis Privat MARET 2020

Untuk info langsung WHATSAPP 0812-12-707-424 atau klik DI SINI


Dapatkan Informasi Postingan TerbaruFollow Tips Menulis Novel Gratis on WordPress.com

Sejak mengerjakan Audio Drama untuk Voice in Dream, Shirei menyadari susahnya nyari musik gratisan. Ahahahah Selama ini Shirei pikir yang namanya ada unsur GRATISnya ya itu 100% gratis. Ternyata itu salah.

Kok, segitunya sih nyari Musik Gratis untuk Youtube Video?

Soalnya, Shirei nggak pengin kesangkut yang disebut dengan HAK CIPTA alias copyright. Nggak mau kan, pas udah capek-capek bikin video bersuara yang cakep, udah digabung sama voice over, tiba-tiba audionya di-mute sama youtube. Halah … nggak asik banget kalau gitu.

Belum lagi, kalau tiba-tiba videonya yang dihapus sama Youtube karena dianggap melanggar hak cipta. Kalau sampai tiga kali video kita dihapus, bisa-bisa sekalian ID Youtube kita lenyap dari peradaban.

Lihat aja user name Shirei di Youtube itu ShireishouReborn2. Dari user name aja kebayang udah berapa kali Shirei di ban sama Youtube. Ahahahah

Shirei udah kehilangan 3x ID Youtube karena suka bikin trailer film series yang dianggap menyalahi copyright [iya sih emank]. Nggak peduli alasan kita bikin fandub atau trailer sekadar untuk bersenang-senang, selama melanggar hak cipta, maka harus dilenyapkan.

Susahnya, Youtube pake algoritma otomatis. Jadinya ya, hati-hati aja, deh!

Belum lagi kalau niatnya kita untuk monetize videonya [alias kepengin dapetin pundi-pundi duit dari video]. Beberapa lagu terlarang untuk dikomersialkan.

BACA JUGA :  Proses Kreatif Obsessive Loves Novel Mayor Gramedia dari Wattpad

Lalu gimana sebenernya yang bener-bener gratis?

Musik Gratis untuk Youtube Video

Kata kunci yang pertama kali sering kita pakai untuk mencari musik gratis biasanya “Copyright free music”.

Biasanya kita akan terbawa ke website dengan tulisan

License Free dan Copyright Free

Namun, hangan terkecoh! Meski dibilang FREE, itu nggak gratis, lho!

License Free adalah musik yang BEBAS LISENSI. Artinya, bayar sekali untuk mendapatkan full akses terhadap musik tersebut. Harga tergantung musiknya lah ya.

Copyright Free Music biasanya gratis sebatas untuk kebutuhan pribadi. Tidak boleh digunakan untuk proyek-proyek profesional apalagi yang menghasilkan uang. Tentu saja harus memberikan full credit terhadap siapa pencipta musik tersebut. Fair kan? Kita dapat musik gratis, mereka dapat pengakuan dan juga promosi.

Namun, Copyright Free Music ada juga yang 100% free buat kebutuhan komersial. Tinggal baca terms and conditionnya aja.

Nah, lalu situs-situs mana sih yang bisa kita ambil musiknya?

Inilah LIMA SITUS DOWNLOAD MP3 GRATIS

1. Youtube Music Library

Ya pokoknya disediain sama youtube sendiri. Masalahnya, semua orang udah make tuh musik. Rasanya nggak special lagi deh.

Youtube Music Library Free Mp3

2. Bensound.com

Ini gratis untuk personal use [with credits]. Namun, kalau mau buat komersial, silakan bayar beberapa dollar dan bisa download sepuasnya. Kualitasnya juga bagus buangetttts. Sayang nggak boleh komersial. Shirei khawatir ke depannya mau komersialin Voice in Dream audio. Jadi mending yang 100% gratis aja.

BACA JUGA :  Cara Menulis Dialog Tag pada Novel

3. Free-stock-music.com

Nyaris semua di sini gratis untuk dipakai baik untuk personal maupun komersial. Namun, sama aja aturannya kudu dikasih full credit ke situsnya, ya!

4. Ashamaluevmusic.com/no-copyright-music

Ini awallnya 100% gratis dengan kredit seperti biasa. Namun, ada sumbangan sedikit untuk mengakses lebih banyak musik yang dia punya.

5. Channel Youtube Music for Creators.

Gretoong selama full credit. Komposer favoritku namanya Ikson. Musik-musik dia bagus-bagus, deh!

So, gimana nih? Semoga dengan ini udah pada ngerti ya bedanya yang Free di atas. hehehe

Semoga聽Musik Gratis untuk Youtube Video membantu teman-teman mendapatkan musik yang cocok buat Vlog, tutorial, maupun video editing.

5 thoughts on “Musik Gratis untuk Youtube Video”

    • makin lama org akan semakin ke vlog sih. Tp aku mah ttp meskipun Vlog kelak [entah kapan], bakalan cm text isinya ahaha

      Reply
  1. Ini cocok banget buat yang suka edit video dan bikin kompilasi! Baru mau mulai vlogging sih, dan ini bermanfaat banget. Thanks infonya!

    Reply

Leave a Comment

error: Maaf, tidak diperkenankan klik kanan. Tautan akan terbuka langsung ke halaman baru.